9 Makanan Khas Jawa Timur yang Melegenda, Kamu Suka yang Mana?

  • 4 min read
  • Nov 20, 2020

Jika anda sedang jalan – jalan di daerah jawa timur, selain mengunjungi berbagai panorama indah gak lengkap kalau kamu gak nyobain makanan khas jawa timur.

Jawa timur merupakan provinsi yang terkenal dengan kepadatan penduduknya ya, tapi tahukah kamu?

Ternyata disamping penduduk yang banyak jawa timur juga terdapat aneka ragam khas kulinernya. Nah berikut ini adalah makanan khas jawa timur yang mendunia.

Rujak Cingur

Makanan khas jawa timur

Makanan khas jawa timur yang sedang populer beberapa tahun ini adalah rujak cingur. Makanan ini berasal dari daerah surabaya, yup ibu kota jawa timur sendiri.

Jika dilihat dari namanya kata cingur ini merupakan bahan dasar dari bibir atau hidung kerbau dan sapi.

Memang terlihat aneh karena menggunakan mulut kerbau atau sapi rebus. Meskipun aneh tapi anda tidak akan kecewa, karena cingur yang direbus akan di lumuri bumbu makanan khas jawa timur.

Jadi dijamin nih, ketika rujak cingur ini disuguhkan anda tidak akan terngiang lagi dengan bayangan bibir atau mulut sapi. Tapi anda akan mencium aroma enaknya bumbu khas jawa timur.

Ditambah lagi dengan banyaknya lontong kecambah dan daun – daunan yang diulet dengan cingur kemudian dilumuri bumbu rujak asli jawa timur.

Tak hanya itu, anda bisa memilih menyantap rujak cingur menggunakan sayur yang matang (sudah direbus) atau sayur mentah. Intinya anda suka yang mana.

Pecel Semanggi

Makanan khas jawa timur

Semanggi bagi orang jawa timur bukanlah kata yang asing, karena semanggi sangat mudah di temui di jawa timur.

Nah, makanan khas jawa timur yang satu ini mengkombinasikan nasi pecel dengan semanggi. Tentunya dengan bumbu – bumbu khasnya juga lho!

Baca Juga :  6 Wisata Kuliner Solo yang Jadi Langganan Pejabat Ternama

Jika dilihat daun semanggi ini sejenis tanaman paku air yang banyak ditemukan di sawah dan pasti tumbuh di daerah saluran irigasi sawah.

Kenapa kok pakai semanggi? Segelintir manfaat daun semanggi ini karena semanggi termasuk kedalam tanaman bioremedia yang mampu menyerap logam berat.

Sehingga sayuran ini sangat manfaat bagi tubuh khususnya dapat mencegah penyakit kanker dan tumor lho.

Untuk penyajian pecel semanggi ini semanggi terlebih dahulu dan nantinya dicampur tumbuhan lain seperti kecambah, kangkung, kemudian dilumuri bumbu pecel dengan bahan dasar ketela rambat.

Lontong Balap

Makanan khas jawa timur

Makanan khas jawa timur selanjutnya yaitu lontong balap, bukan lontongnya balapan liar lho ya! Tapi rasanya itu super enak kayak pembalap Rossi 🤭.

Lontong balap merupakan makanan khas yang berasal dari surabaya jawa timur, makanan ini dibuat dari lontong yang di iris diberi tahu yang juga sudah di iris ditambah dengan remesan letho.

Setelah itu, biar makin sip diberikan kecambah dan juga diberi sate kerang yang nikmat dan gurih.

Kenapa disebut lontong balap? Orang surabaya menyebutnya lontong balap karena penjual akan beradu rasa dan sajian untuk menarik pembeli.

Sehingga orang – orang surabaya menyebutnya penjual lontong balapan ke pasar untuk pembeli, maka jadilah lontong balap. Sampai sini faham ya?😄

Lontong Kupang

Makanan khas jawa timur

Masih membahas tentang lontong, makanan khas jawa timur yang satu ini juga berasal dari surabaya juga lho!

Lontong kupang saat ini banyak ditemui didaerah sidoarjo, dan disebut kupang memang berada didaerah pesisir sekitar jawa timur.

Disebut lontong kupang karena, bahan dasar dari makanan khas jawa timur ini berasal dari kupang putih yang banyak ditemukan di laut.

Baca Juga :  10 Makanan Khas Maluku Utara yang Wajib Anda Coba

Kupang putih ini bentuknya seperti kerang tetapi kecil-kecil mirip banget dengan biji kedelai.

Penyajian makanan ini yaitu dengan sate kerang, untuk minumnya lebih enak yaitu dengan air kelapa muda.

Nasi Pecel Madiun

Makanan khas jawa timur

Dari namanya saja sudah dapat diketahui makanan khas jawa timur satu ini berasal dari mana ya!

Pecel madiun ini pastinya dapat banyak dijumpai didaerah madiun jawa timur. Makanan ini menjadi makanan tradisional.

Jika anda mengulik tentang pecel madiun anda akan merasakan rasa yang pedas, karena pecel madiun dibuat dari sayuran rebus yang dilumuri dengan sambel kacang yang pedas.

Pecel madiun ini biasanya disajikan dengan cara dipincuk ( daun pisang yang dibuat kayak wadah kecil dengan sematan lidi)

Soto Lamongan

Makanan khas jawa timur

Makanan khas jawa timur yang satu ini saya yakin anda pasti pernah mendengarnya, yup! Makanan ini yaitu Soto Lamongan.

Kuliner ini menjadi makanan tradisional yang sangat populer di jawa timur. Soto lamongan udah jelas berasal dari kabupaten lamongan.🤣

Disajikan dengan unik rasa soto lamongan ini juga sangat menggoda di lidah. Bumbunya berbeda dari soto biasanya.

Disoto lamongan terdapat tambahan bumbu khas dari lamongan. Inilah yang menjadi sebab soto lamongan lebih populer di jawa timur dari pada soto biasanya.

Kare Rajungan

Pernahkah anda merasakan kare? Jawa timur ternyata juga punya kare sepesial yang pastinya khas banget rasanya yaitu kare rajungan.

Kare rajungan adalah makanan khas jawa timur yang harus anda coba. Kenapa? Karena anda ketika menyantapnya akan tau keunikannya.

Seperti namanya kare rajungan dibuat dengan bahan dasar rajungan (kepiting besar) yang dimasak dengan bumbu dan santan.

Rasa yang dibawa kuliner ini tidak ada duanya, hal ini sudah terbukti meledaknya pembeli yang rela antri di beberapa gerai kuliner jawa timur.

Baca Juga :  6 Wisata Kuliner Solo yang Jadi Langganan Pejabat Ternama

Sebagai contoh jika anda berwisata kuliner ke daerah Tuban jawa timur anda wajib mampir dan mencoba kare rajungan ini.

Tahu Campur Lamongan

Makanan khas jawa timur

Jika tadi kita bahas soto lamongan, ternyata ada juga lho makanan khas jawa timur yang tidak kalah populer dari soto lamongan, yaitu tahu campur lamongan.

Dengan cita rasa yang unik dan istimewa tahu campur lamongan akan memanjakan lidah anda.

Karena, bahan pada tahu campur ini istimewa seperti daging sapi, tahu goremg, perkedal, selada, toge ditambah mie kucing dan kerupuk udang.

Jika anda pecinta kuliner pedas anda juga bisa menambahkan bumbu petis sambal dengan taburan bawang goreng.

Jika anda ingin mecoba kuliner sati ini penulis sarankan untuk menyantap tahu campur lamongan yang masih hangat.

Gethuk Pisang

Terbuat dari pisang tak akan membuat makanan khas jawa timur satu ini kalah tenar karena disajikan seperti gethuk.

Jika gethuk pada umunya terbuat dari singkong, nah, gethuk dari kediri ini membuat inovasi dengan berbahan dasar pisang.

Perbedaan bahan dasar justru membuat gethuk pisang semakin melegit peminatnya. Pisang yang diolahpun bukan pisang sembarangan.

Pada pembuatan gethuk pisang ini yaitu menggunakan pisang raja nangka. Yang memiliki rasa khas asam dan manis.

Teksturnya sama dengan gethuk singkong namun rasa dan penyajiannya lebih enak gethuk pisang yang satu ini, penasaran? Cobain deh!

Demikianlah berbagai kuliner tradisional khas provinsi jawa timur yang dapat anda coba ketika sedang wisata kuliner tradisional.

Jika anda memilih wisata kuliner dikota lain anda bisa mencoba wisata kuliner solo, yang  kaya akan makanan tradisional khas solo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *