6 Wisata Kuliner Solo yang Jadi Langganan Pejabat Ternama

  • 4 min read
  • Nov 18, 2020

Halo para pecinta kuliner, atau anda yang ingin menghabiskan waktu libur dengan menikmati sajian kuliner enak dan sehat di Kota Solo. Nah, berikut ini adalah wisata kuliner solo yang patut anda coba!

Sebelumnya solo atau surakarta ini sempat menjadi kota tujuan untuk menikmati weekend anda, alasan terkuatnya karena bapak Jokowi, selaku presiden sering banget tuh, berkuliner disini.

Namun, kalian tau tidak dari sekian banyak wisata kuliner solo, terdapat beberapa tempat wisata kuliner solo yang banyak diminati, yuk cekidot!

Sate Kambing Buntel Hj. Bejo

wisata kuliner solo

Wisata kuliner solo yang pertama ini menyuguhkan jenis kuliner sate, tapi tidak seperti biasanya ya. sate yang satu ini terkenal dengan sate buntel.

Disebut sate buntel karena bentuk satenya unik yaitu sate daging kambing yang dibuntel (dibungkus) lemak kambing (gajih) kemudian dibakar.

Setelah dibakar diberi sedikit bumbu sate, anda bisa memesan sate kambing buntel yang pedas dan manis. ditambah nasi dijamin Nyiamik nih!

Selain sate kambing buntel, tempat wisata kuliner solo ini menyajikan beberapa menu yang enak dimakan dengan sate.

Apa saja menunya? di sate kambing Hj. Bejo ini anda bisa memesan gule, tengkleng dan tongseng. Jika anda mengunjungi gerai kuliner satu ini dijamin anda bakal laper sebelum duduk.

Warung ini sempat viral tuh dibeberapa tahun lalu, karena Presiden Joko Widowo ternyata sudah menjadi langganan tetap sebelum menjabat walikota solo.

Jika kamu kepo pengen nyobain kuliner ini gerai sate kambing Hj. Bejo terletak di Jl.Lojiwetan, Solo. Cobain deh, siapa tau kamu bakal ketagihan seperti bapak presiden heheheh.

Baca Juga :  9 Makanan Khas Jawa Timur yang Melegenda, Kamu Suka yang Mana?

Timlo Sastro Mbalong

wisata kuliner solo

Dari namanya aja udah buat kepo ya? kira – kira tempat wisata kuliner solo satu ini menyajikan apa sih? Nah, buat kalian yang belum tahu.

Timlo adalah Sup dengan kuahkaldu bening yang disediakan dengan suwiran daging ayam, hati dan ampela, sosis solo dan taburan telur pindang.

Bagi kalian yang langsung ingin mencobanya, kalian bisa menyantap timlo ini dengan nasi. Tak lupa juga di warung timlo sastro solo ini juga menyediakan perasan jeruk nipis.

Jika anda ingin menjajal wisata kuliner solo satu ini, anda tidak akan kesulitan dimana mencari warung ini karena Timlo sastro berada di beberapa tempat yang mudah dicari.

Nah, jika anda mencari timlo yang rekomended anda bisa ke Jl.Kapten Mulyadi No. 8 yang letaknya persis di belakang pasar Gedhe.

Jika anda kebingungan anda bisa tanya dengan mencari jajanan Timlo Mbalong, disebut demikian karena keberadaan timlo sastro yang brada di daerah mbalong.

Apakah mahal? sama sekali tidak, anda bisa menikmati timlo ini dengan merogoh kocek sebesar Rp. 20k dan di warung Timlo Mbalong ini buka mulai pukul 6 pagi sampai 15.30 sore.

Selat Solo Mbak Lies

wisata kuliner solo

Wisata kuliner solo selanjutnya adalah selat solo. Selat solo merupakan kuliner Fresh Salad versi solo. Jika kamu sedang berkunjung ke solo kamu bisa menemukan di daerah Jl.Veteran.

Mungkinanda akan agak sedikit kesulitan ketika mencari wisata kuliner solo satu ini, tempatnya agak tersembunyi yaitu di Gang II Nomor 42 serengan.

Tapi anda tidak perlu khawatir tersesat, karena selat solo Mbak Lies ini sangat ramai di daerah serengan. Jadi jika anda bingung anda bisa langsung tanya didaerah serengan.

Baca Juga :  8 Wisata Kuliner Malang yang tidak boleh anda lewatkan

Selain enak Selat solo Mbak Lies ini murah, yaitu sekitar Rp. 28.000/porsi. 1 porsi selat solo terdiri dari dari taburan daging sapi yang dimasak semur, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, semur, daun selada, acar, yang ditaburi dengan irisan bawang merah.

Tak hanya itu, selat solo ini akan disajikan dengan kuah segar disertai mustard yang terdiri dari cuka dengan kuning sapi, kuah inilah yang menjadi selat solo ini nyiamik.

Selain selat solo yang nyiamik, di warung Mbak Lies ini juga dilengkapi dengan dekorasi yang unik, seperti keindahan interior dengan ornamen keramik yang tertata rapi.

Gudeg Ceker Bu Kasno

Jika kita sering mendengar gudeg berada didaerah jogja, wisata kuliner solo ternyata juga punya loh, Gudeg khas milik kota solo.

Gudeg solo yang paling terkenal adalah Gudeg Ceker Bu Kasno yang terletak didaerah margoyudan, Warung gudeg solo ini sangat terkenal dengan gudeg ceker yang rasanya ajib.

Selain ceker yang menjadi ciri khas gudeg ini, dekorasi yang disuguhkan warung gudeg ceker bu kasno ini unik, dan anda hanya bisa menikmatinya pada pukul 01.00 WIB dini hari.

Jangan tanya kenapa kok dini hari ya! karena penulis hanya mencicipinya pada jam segitu hehehe. Meskipun buka pada dini hari, Tahukah anda jika ternyata syahrini juga pernah mampir kesini lho!

Gudeg ceker ini harganya tidak terlampau mahal, dengan membayar Rp. 18.000 anda sudah bisa mencicipi gudeg dengan 3 ceker ayam.

Lokasi gudeg ceker ayam Bu Kasno ini berada di Jl.Monginsidi, mergoyudan surakarta persis didepan gereja Kristen Jawa dan SMAN 1 Surakarta.

Pecel Solo

wisata kuliner solo

Jika anda pecinta wisata kuliner solo, tentu anda tidak akan asing lagi dengan pecel solo. Yup, Kuliner yang satu ini merupakan kuliner yang paling hits di solo.

Baca Juga :  8 Wisata Kuliner Malang yang tidak boleh anda lewatkan

Yang menjadi andalan di warung pecel ini yaitu Pecel Ndeso yang terdiri dari daun bayam, daun pepaya, bunga turi, jantung pisang, daun kenikir, nasi merah yang dipadu dengan bumbu pecel khas solo.

Pecel ndeso ini akan lebih enak disantap dengan minuman tradisional yang juga disediakan di warung pecel ini, seperti kunir asem sirih, temu lawak dan beberapa minuman tradisional lainnya.

Jika anda ingin mencoba bisa langsung datang di Jl.Dr,Soepomo Nomor 55 Mangkubumen. dengan budget mulai Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 bisa membuat anda kenyang gak karuan. Warung pecel ini hanya buka mulai 08.00-16.00 kemudian 18.00-22.00.

Nasi Soto Ayam Gading

wisata kuliner solo

Jika anda sedang berada didaerah Gading Kidul, anda bisa mampir di wisata kuliner solo tepatnya pada Jl.Brigjen Sudiarto No.75 dan buka pada pukul 06.00.

Satu Porsi Nasi Soto Ayam Gading ini terdiri dari Nasi, Suwiran daging ayam, sohun, kentang, dan dilengkapi dengan kuah bening.

Jika kamu ingin lebih mantap kamu bisa juga nambah lauk seperti sate usus, ampela, dan telur puyuh. dijamin makin nyahut deh.

Nasi Soto Ayam Gading ini ternya juga menjadi langganan Pak Presiden Jokowi lho!, dan tak hanya presiden beberapa tokoh seperti Ibu Megawati dan pak Agum Gumelar juga sering makan disini juga hehehe.

Demikianlah wisata kuliner solo yang dapat anda kunjungi untuk mejelajah wisata kuliner di Solo ya, Jika Jogja adalah kota dengan seribu kenangan romantis.

Mungkin solo juga menjadi kota dengan wisata kuliner yang mantap – mantap kali ya? heheh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *