6 Makanan khas sunda asli yang wajib bagi para pecinta kuliner

Terdapat beberapa makanan khas sunda asli yang akan membuatmu ngiler karena banyaknya santapan di sunda yang akan geraiku bahas disini.

Sunda merupakan suku ataupun kelompok etnis yang terletak di bagian barat pulau Jawa, Indonesia membahas makanan khas Sunda asli, tentu kamu akan langsung beranggapan tentang dominasi rasa yang manis.

Sementara itu, kuliner yang berasal dari tanah Sunda tidak cuma dipahami oleh cita rasa yang manis, namun pula terdapat cita rasa lain semacam gurih asin, asam fresh, serta pedas menggigit.

Masakan khas Sunda asli memiliki banyak penggemar di segala Indonesia, paling utama buat warga yang tinggal di pulau Jawa. Mayoritas kuliner yang berasal dari tanah Sunda dibuat dari bahan dasar sayur- mayur.

Nasi Timbel

makanan khas sunda asli

Nasi timbel tercantum santapan yang populer di tanah air. Tetapi mengerti kah kalian darimana asal nasi timbel?

Nasi timbel merupakan makanan khas sunda asli yang memiliki cita rasa yang kokoh serta unik, sangat identik dengan masakan orang Sunda.

Di Sunda, nasi timbel memiliki banyak tipe sehingga banyak orang yang kadangkala bimbang mau berupaya nasi timbel tipe yang mana.

Pada awal mulanya, nasi timbel merupakan hidangan yang disiapkan buat para petani buat dimakan dikala istirahat. Tetapi saat ini, nasi timbel disajikan buat seluruh orang.

Penyajian ikon dari santapan khas Sunda ini umumnya di dalam daun pisang. Di warung- warung makan, nasi timbel pula disajikan memakai wadah universal semacam piring.

Terdapat bermacam lauk buat menemani nasi timbel yang pulen antara lain semacam ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goreng, tawes, serta japuh.

Baca Juga :  6 Wisata Kuliner Solo yang Wajib kamu coba saat Travel ke Solo

Makanan khas sunda asli yang satu ini akan kurang enak jika tidak ada lalapan dan sambal buat menaikkan nilai tradisionalnya.

Baca juga : Makanan Khas Maluku Utara yang wajib bagi penikmat wisata kuliner

Nasi Liwet

makanan khas sunda asli

Tidak hanya nasi timbel, Sunda pula memiliki santapan khas yang populer di banyak kota- kota di Indonesia.

Santapan tersebut merupakan nasi liwet yang telah tidak asing di lidah warga luas. Nasi liwet ini memiliki 2 tipe.

Tipe awal berasal dari Solo, sebaliknya tipe keduanya dari Sunda. Terdapat perbandingan dari kedua tipe nasi liwet.

Di Solo, nasi liwet terbuat dengan santan serta dihidangkan bersama labu siam yang dimasak dengan santan. Sebaliknya di Sunda tidak memakai santan dalam proses masaknya.

Nasi liwet bagaikan santapan khas Sunda memiliki cita rasa yang gurih walaupun tidak memakai santan.

Rasa gurih yang dipunyai oleh nasi liwet diperoleh dari hasil pemakaian bumbu- bumbu rempah khas Indonesia semacam batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi, serta daun salam.

Nasi liwet biasanya dimakan bersama ikan asin bagaikan menu pelengkapnya.

Sebagian orang pula menyantap nasi liwe dengan sayur asem, ikan bagar, ataupun gorengan ketahui tempe.

Nasi Tutug Oncom

makanan khas sunda asli

Dari namanya saja, santapan khas Sunda satu ini telah tentu beraromakan tradisional.

Nasi tutug oncom ataupun orang Sunda menyebutnya sangu tutug oncom, disingkat T. O, merupakan sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng ataupun oncom bakar. Nasi tutug oncom sangat lezat apabila disajikan dalam kondisi hangat.

Di Jakarta serta kota- kota lain, terdapat lumayan banyak warung makan spesial menyajikan nasi tutug oncom dengan bermacam alterasi lauk pauk.

Baca Juga :  8 Wisata Kuliner Malang yang Wajib anda Coba saat travel ke malang

Nasi tutug oncom ini sesungguhnya merupakan santapan khas Tasikmalaya. Santapan ini dinamakan tutug sebab dalam bahasa Sunda memiliki makna menumbuk.

Jadi proses mengaduk serta menumbuk nasi dengan oncom pada makanan khas sunda asli diketahui dengan nama tutug oncom.

Nasi tutug oncom dapat disajikan bersama lauk pasangan semacam ketahui goreng, tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur, serta sambal terasi.

Baca juga : Makanan Khas Jawa Timur yang sudah ada mulai jaman belanda

Karedok

makanan khas sunda asli

Di Jakarta, banyak sekali penjual karedok. Sebab perihal tersebut banyak orang mengira jika karedok merupakan santapan khas Betawi, padahala karedok adalah makanan khas sunda asli.

Karedok merupakan santapan khas Sunda yang memiliki kemiripan dengan gado- gado. Karedok menyajikan bermacam sayur- mayur dengan saus kacang tanah dengan kepedasan yang dapat menggugah selera.

Sayur- mayur yang digunakan buat membuat karedok lumayan bermacam- macam, semacam timun, tauge, kacang- kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil, serta sebagian tipe sayur- mayur lagi yang dapat ditambahkan cocok selera pembuatnya.

Terdapat perbandingan antara gado- gado dengan karedok. Jika gado- gado memakai sayur- mayur yang telah direbus, karedok mengenakan sayur- mayur yang masih mentah.

Di Sunda, orang pula menyebut karedok dengan nama lotek atah yang berarti lotek mentah. Karedok sangat lezat dimakan bersama nasi panas, tempe, ketahui, serta kerupuk.

Lotek

makanan khas sunda asli

Lotek serta karedok merupakan makanan khas sunda asli yang pula mirip dengan gado- gado kepunyaan Jakarta.

Tetapi jika bersumber pada tampilan serta bahan pembuatan, lotek lebih cenderung mirip dengan pecel khas Jawa.

Di Sunda, lotek jadi santapan yang digemari banyak warga. Jika kalian lagi terletak di Jawa Barat, jangan hingga melupakan santapan yang pula memakai bermacam berbagai sayuran ini. Ataupun dapat pula menikmati bermacam santapan khas jawa barat.

Baca Juga :  6 Wisata Kuliner Solo yang Wajib kamu coba saat Travel ke Solo

Lotek sendiri memakai sayur mayur yang tidak jauh berbeda dengan gado- gado, semacam kangkung, kembang kol, serta tauge.

Sayur mayur yang sudah dicacah hendak disiram dengan bumbu kacang yang ditambahkan dengan kentang rebus yang telah ditumbuk serta kencur sehingga membuat rasanya jadi lebih unik.

Pada makanan khas sunda asli lotek umumnya dihidangkan bersama potongan lontong serta menu aksesoris kerupuk udang.

Baca juga : Wisata Kuliner malang Jawa Timur yang sudah merambah ke mancanegara

Sayur Asam

makanan khas sunda asli

Sayur asam merupakan makanan khas sunda asli yang sudah mempunyai bermacam alterasi lokal, misalnya di Jakarta terdapat sayur asem Betawi, ataupun di sebagian wilayah lain pula terdapat alterasi sayur asem kangkung.

Buat dikenal, santapan ini dinamakan sayur asem sebab memakai asam jawa buat membagikan cita rasa asam pada kuahnya.

Sayur asem terbuat dengan memakai berabgai sayur- mayur yang gampang ditemui di dataran Indonesia.

Ada pula sayur- mayur tersebut antara lain labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, belimbing sayur, melinjo, serta kacang tanah. Santapan khas Sunda ini memiliki rasa asam yang menyegarkan.

Sayur asem sangat nikmat bila disajikan bersama nasi hangat serta lauk pasangan semacam ikan goreng asin serta lalapan dan sambal.

itulah 6 makanan khas sunda asli yang wajib anda coba apabila sedang berkunjung atau berwisata kuliner di daerah sunda ya gengs!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CHAT
CHAT